Rabu, 16 Juni 2010

10 Cara Meningkatkan Skill Interpersonal


Pada kali ini saya akan membagikan tips yang bakal berguna untuk kita yang terjun dalam lingkungan masyarakat, sekolah, dan keluarga. Saya akan membagikan 10 tips / cara meningkatkan skill interpersonal yang kita miliki.








Sebelumnya kita harus mengerti apa pengertian dari kemampuan interpersonal.
Kemampuan /skill interpersonal adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang sehingga ia mampu berinteraksi sosial dengan sesamanya.

Interpersonal skill menurut wikipedia adalah :
"Interpersonal skills are the skills that a person uses to interact with other people. Interpersonal skills are sometimes also referred to as people skills or communication skills. Interpersonal skills involve using skills such as active listening and tone of voice, they include delegation and leadership. It is how well you communicate with someone and how well you behave or carry yourself.Also they help people further their careers."


Berikut adalah 10 Cara untuk meningkatkan skill interpersonal anda:


1. Smile. Sedikit orang yang ingin berada di sekitar seseorang yang selalu terlihat tak bahagia. Lakukan yang terbaik untuk menjadi seseorang yang friendly dan antusias dengan rekan-rekan kerja anda. Bangun sikap positif dan ceria mengenai pekerjaan dan mengenai kehidupan. Seringlah tersenyum. Energi positif yang anda pancarkan akan menarik yang lain kepada anda.

2. Jadilah apresiatif. Carilah satu hal positif tentang setiap orang yang anda bekerja sama dan biarlah mereka mendengarnya. Jadilah murah hati dengan pujian dan kata-kata yang mengobarkan semangat. Ucapkan terima kasih ketika seseorang menolong anda. Buatlah kolega anda merasa diterima ketika mereka menelepon atau datang ke kantor anda. Jika anda membiarkan orang lain mengetahui bahwa mereka dihargai, mereka akan mau memberikan yang terbaik untuk anda.

3. Perhatikanlah orang lain. Cermatilah apa yang sedang terjadi dalam kehidupan orang lain. Ketahuilah momen-momen bahagia mereka, dan tunjukkanlah perhatian dan simpati pada situasi-situasi sulit seperti waktu sakit atau kematian. Buatlah eye contact dan ingatlah orang dari nama pertama mereka. Tanyakan yang lain akan opini-opini mereka.

4. Latihlah mendengarkan dengan aktif. Untuk mendengarkan dengan aktif adalah dengan mendemonstrasikan bahwa anda memang mau untuk mendengar dan mengerti akan pandangan orang lain. Itu berarti menegaskan kembali, dengan bahasa anda sendiri, apa yang orang lain telah katakan. Dengan cara ini, anda mengetahui bahwa anda mengerti apa yang mereka maksudkan dan mereka mengetahui bahwa respon anda melebihi lip service. Rekan-rekan kerja anda akan menghargai mengetahui bahwa anda benar-benar mendengarkan dengan apa yang telah mereka katakan.

5. Bawalah kebersamaan. Ciptakanlah lingkungan yang mengajak orang lain untuk bekerja sama. Perlakukanlah setiap orang dengan sama, dan jangan bermain `siapa yang favorit.` Hindari berbicara tentang orang lain di belakang mereka. Tindak lanjutkan apa yang orang lain sarankan atau minta. Ketika anda membuat pernyataan atau pengumuman, pastikan bahwa anda telah dimengerti. Jika rekan-rekan anda melihat anda sebagai seseorang yang solid dan fair, mereka akan mempercayai anda.

6. Tangani konflik-konflik. Ambillah sebuah langkah mudah untuk membawa kebersamaan, dan menjadi seseorang yang menangani konflik-konflik ketika akan terjadi. Pelajari bagaimana menjadi mediator yang efektif. Jika ada rekan-rekan kerja yang ber-cekcok mengenai permasalahan personal atau professional, aturlah agar kedua pihak duduk bersama dan bantu mengatasi perbedaan mereka. Dengan mengambil peranan memimpin, anda akan mendapatkan respek dan kekaguman dari orang sekitar anda.

7. Berkomunikasi dengan jelas. Perhatikanlah apa yang anda katakan dan bagaimana anda mengatakannya. Seorang komunikator yang jelas dan efektif menghindari salah pengertian dengan rekan-rekan kerja, kolega-kolega, dan rekan sejawat anda. Kelancaran verbal anda memproyeksikan gambaran akan intelijensi dan kedewasaan, tidak peduli berapa pun usia anda. Jika anda tetap mengeluarkan semua apa yang ada di pikiran anda, orang tidak akan terlalu menaruh perhatian dengan kata-kata ataupun opini anda.

8. Hiburlah mereka. Janganlah takut untuk menjadi lucu ataupun pandai. Banyak orang yang mau berada di dekat orang-orang yang bisa membuat mereka tertawa. Gunakanlah rasa humor anda sebagai alat efektif untuk menurunkan batas dan menghimpun perhatian orang.

9. Lihatlah dari sisi mereka. Empati berarti menjadi mampu untuk menaruh diri anda dalam sepatu orang lain dan mengerti apa yang mereka rasakan. Cobalah untuk melihat situasi dan respon-respon dari perspektif orang lain. Ini bisa terjadi dengan tetap berhubungan dengan emosi-emosi anda sendiri; orang-orang yang menghindari perasaan mereka sendiri terkadang menjadi sulit untuk ber-empati dengan orang lain.

10. Janganlah mengeluh. Tidak ada yang lebih buruk dibandingkan seorang pengeluh yang kronis ataupun perengek. Jika anda harus mengemukakan tentang sesuatu, simpanlah itu dalam buku harian anda. Jika anda harus mengungkapkan dengan kata-kata keluhan-keluhan anda, ungkapkan kepada teman terdekat anda dan keluarga saja, dan jadikanlah singkat. Bagikan itu kepada semua orang sekitar anda atau yang lainnya dan anda akan mendapatkan reputasi buruk.

(sumber: http://www.jawaban.com/index.php/money/detail/id/82/news/080404153540/limit/0/ )


Semoga informasi dan tips ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Samuel Adinugraha

13 komentar:

  1. sangat menarik dan layak untuk dipelajari dan dicoba, salam

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus banget..

    BalasHapus
  3. nysmurnita@yahoo.co.id26 Februari 2012 02.48

    good article

    BalasHapus
  4. Sip ...Interpersonal skill ciptakan Revolusi Mental kemandirian hidup anti korup

    BalasHapus
  5. nice man,,,
    memang perlu latihan untuk dapat meningkatkan kemampuan ini.

    BalasHapus
  6. Terimakasih untuk artikel ini,jd saya tau knp saya di juluki makelar oleh2 rekan2 saya,hahaha...,secara garis besar orang dgn bakat tsb itu pintar omong,hehehe

    BalasHapus
  7. Terimakasih untuk artikel ini,jd saya tau knp saya di juluki makelar oleh2 rekan2 saya,hahaha...,secara garis besar orang dgn bakat tsb itu pintar omong,hehehe

    BalasHapus
  8. 1000 like.... sangat memotivasi...
    terimakasih..

    BalasHapus
  9. Gokil, saya harus bisa meningkatkan interpersonal saya, nih......

    BalasHapus
  10. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :085365566333
    PIN : 5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  11. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di toko tas kita,..
    toko tas fandy menyediakan banyak model yang bisa di pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    BalasHapus
  12. artikel inspirasi sekali, terima kasih

    My blog

    BalasHapus
  13. Sangat menginspirasi terimakasih

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat

Guest Book Inspirasi Samuel

Followers of Inspiration